cerita berita dan kliping informasi

Kamis, 24 September 2015

REPOST: Presiden Jokowi Apresiasi IPB

http://alumniipb.org/newsreader/747 Presiden Joko Widodo menyampaikan Apresiasi kepada IPB yang telah menemukan Padi Unggul yang diberi nama IPB 3S yang mampu menghasilkan 13,4 ton per hektarnya. Presiden juga optimisnya bahwa kebutuhan beras di dalam negeri akan tercukupi. "Bibit ini mampu langsung meningkatkan produksi beberapa kali," ucap Presiden ‎ketika meninjau panen padi bibit varietas IPB 3S di Desa Cikarang, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang, Minggu 27 September 2015.


 Lebih lanjut Presiden mengatakan, Intensifikasi seperti ini yang diperlukan, sehingga hasil produksi dapat meningkat total. Presiden yang didampingi Ibu Iriana Joko Widodo, mengatakan bahwa bibit varietas itu baru diujicobakan pada lahan seluas 500 hektar. Setelah ini, kata Presiden, langsung akan ditanam pada lahan seluas 100 ribu hektar‎.
Permalink gambar yang terpasang
 Presiden menjelaskan bahwa hampir satu tahun pemerintahan Jokowi-JK, kebutuhan beras kita bisa dipenuhii sendiri oleh petani tanpa perlu mengimpor, meski banyak desakan untuk mengimpor beras‎.
Permalink gambar yang terpasang
Bahkan cadangan beras pun masih dalam batas aman, yakni 1,7 juta ton. "Masih ditambah lagi panen bulan November, masih ada sisa panen. Tambah dua bulan‎ 300 ribu ton pada akhir tahun," ucap Presiden. Bibit varietas IPB 3S merupakan hasil kerja keras tim dari Institut Pertanian Bogor yang dipimpin Dr. Ir. Hajrial Aswidinnoor.

Penelitian yang dilakukan Hajrial dimulai sejak 2004 dan kini dua produk unggulannya IPB 3S dan IPB 4S dapat menghasilkan panen hingga 11,5 ton per hektar, bahkan di tempat yang dikunjungi Presiden dapat menghasilkan 13,4 ton setiap hektar.

 Sebagai perbandingan, rata-rata nasional hanya menghasilkan 5,5 ton setiap hektar. Hajrial adalah dosen IPB yang melakukan penelitian dengan fokus pada tanaman padi. Turut mendampingi Presiden, Menteri Pertanian Andi Amran, Menteri ‎Sekretaris Negara Pratikno,
Permalink gambar yang terpasang
Menteri Desa PDT dan Transmigrasi Marwan Jafar, Rektor IPB Herry Suhardiyanto, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Penemu Bibit Unggul Dr. Ir. Hajrial Aswidinnoor.

- See more at: http://alumniipb.org/newsreader/747#sthash.1pqIKyvq.dpuf
gbr campuran dari https://twitter.com/search?q=Jokowi%20padi%20ipb&src=typd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Di Komen gan ,.. baris yang rapi yaa