cerita berita dan kliping informasi

Rabu, 18 November 2015

Animasi Jembatan Gentala Arasy Ikon Baru Baru Kota Jambi)

Animasi Jembatan Gentala Arasy Ikon Baru Baru Kota Jambi)

Diterbitkan tanggal 30 Apr 2013
Menara Gentala Arasy Ikon Kota Jambi

Karena belum mempunyai bangunan yang menjadi identitas khas, seperti daerah lain di Indononesia. Maka Gubernur Jambi, Drs. H. Hasan Basri Agus MM (HBA), mencetuskan ide untuk membangun sebuah ikon yang bagi kota Jambi yaitu Menara Jam yang nantinya akan diberi nama " Menara Gentala Arasy".

Menara Gentala Arasy berarti menara yang memancarkan suara (gentala) dari ketinggian. Sehingga selain jamnya dapat dilihat dari kejauhan suaranya juga dapat didengar, bahkan rencananya nantinya akan dikenoksikan dengan masjid Agung Al-falah ( masjid seribu tiang). Sehingga setiap memasuki waktu sholat, selain terdengar suara jam genta juga terdengar suara adzan yang dikumandangkan dari masjid kebanggaan masyarakat Jambi tersebut.

Lokasi pembanganan Menara Gentala Arasy terletak di Kelurahan Arab Melayu, Kecamatan Pelayangan tepatnya diseberang Sungai Batanghari depan rumah dinas Gubernur Jambi. Pembangunan Menara Gentala Arasy juga menyatu dengan pembangunan jembatan gantung yang melintasi Sungai Batanghari,sungai terpanjang di Pulau Sumatera . Dengan menyebrang dari jembatan gantung dari depan rumah dinas Gubernur Jambi tersebut, kita langsung bisa sampai ke Menara Arasy ini, selain itu juga bisa melalui jalur air dengan menggunakan angkutan sungai

Dalam ruangan Menara Arasy tersebut juga akan dibuat museum sejarah masuknya agama Islam ke Jambi, disamping itu masyarakat pengunjung bisa melihat kota Jambi dan sekitarnya dari ketinggian 32 meter (lebih tinggi dari jam gadang yang memiliki ketinggian 26 meter), menuju ketinggian tersebut pengunjung menggunakan lift. Sedangkan besar jamnya tiga meter.

Pembangunan Menara Arasy ini juga dengan jembatan gantung tersebut diperkirakan membutuhkan dana sebasar 15 M dari APBD dan diperkrikarakan bulan Desember 2012 ini selesai karena pembangunannya sampai sekarang sudah mencapai 41 persen. Mudah-mudahan dengan pembangunan ikon baru ini,kota Jambi akan lebih mudah di ingat oleh para wisatawan baik domestik maupun dari mancanegara.

Sumber Kompasiana.com
Kategori
Perjalanan & Acara
Lisensi
Lisensi YouTube Standar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Di Komen gan ,.. baris yang rapi yaa