Rabu, 30 Desember 2015

wtp foundation 45 LOKASI DI NUSANTARA DIAJUKAN JADI TAMAN WISATA DUNIA 👍👍🇮🇩🇮🇩🇮🇩

wtp foundation

45 LOKASI DI NUSANTARA DIAJUKAN JADI TAMAN WISATA DUNIA 👍👍🇮🇩🇮🇩🇮🇩


REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Seleksi The New9Wonderful memilih 45 lokasi yang diajukan merebut predikat Kawasan Taman Wisata Dunia oleh masyarakat global setelah melalui pertimbangan yang matang. Ketua tim seleksi The New9Wonderful Akhyarudin Yusuf di Jakarta, Rabu (23/12), mengatakan, ke 45 calon peserta event tersebut merupakan perwakilan dari seluruh wisata alam unggulan di 34 provinsi yang layak bersaing untuk menjadi sembilan "ikon" dari Kawasan Taman Wisata Dunia.

Daftar calon peserta event ini telah diserahkan secara resmi ke pihak World Tourism Park Foundation (WTP Foundation) selaku pihak penyelenggara Event New9Wonderful untuk dikukuhkan sebagai peserta event.

"Kami optimistis, ke 45 calon peserta event ini semuanya akan langsung disahkan sebagai peserta event oleh pihak penyelenggara," kata Akhyarudin.

Sementara itu, Pendiri dan CEO WTP Foundation Daniel ILI mengatakan Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang layak mendapatkan predikat sebagai Kawasan Taman Wisata Dunia karena hanya Indonesia lah yang memiliki keanekaragaman potensi wisata di dalam satu kawasan yang tidak dimiliki oleh negara manapun di dunia seperti wisata alam, bahari, sejarah, budaya, kuliner, buah, maupun wisata MICE.

"Kami juga menaruh apresiasi kepada Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) yang sangat mendukung adanya gerakan kampanye New9Wonderful ini," ujar dia.

Menurut dia, pihaknya telah melakukan perjanjian kerja sama dengan pihak Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Tachrir Fatoni pada 27 Oktober 2015, di Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang Peningkatan Promosi dan Pemasaran Pariwisata Alam Taman Nasional dan Taman Wisata Alam.

"Ini jelas akan memperkuat kampanye para peserta event New9Wonderful yang telah masuk di dalam perjanjian tersebut. Kami sebagai penyelenggara tentunya akan menindaklanjuti perjanjian kerja sama dengan pihak pemerintah Indonesia ini dengan cara menyiapkan sebuah sistem yang akan menggerakkan seluruh potensi tersebut," ujar dia.

Khususnya, ia mengatakan, wisata alam unggulan melalui event voting dan juga melalui penguatan kemasan dan bahkan menyiapkan positioning yang tepat agar masyarakat dunia mengetahui kelebihan Indonesia sebagai negara maritim.

Kategori kepulauan, lokasi yang terpilih antara lain Kepulauan Anambas, Mandeh, Derawan, Seribu, Karimun Jawa, Gili Terawang, Togian, Wakatobi, Raja Ampat, dan Kepulauan Takabonerate.

Kategori pulau antara lain Pulau Bunaken, Weh, Morotai, Enggano, Belitong, Seram, Nias, Komodo, dan Pulau Moyo. Sedangkan kategori gunung yang diajukan antara lain Gunung Batur Kintamani, Krakatau, Gede Pangrango, Kartenz Pyramid, Merapi, Bromo Tengger Semeru, Rinjani, dan Gunung Kerinci.

Kategori danau yang diajukan antara lain Danau Zambrud, Singkarak, Gunung Tujuh, Sentarum, Toba, Sentani, dan Danau Kelimutu. Sedangkan untuk kategori alam diajukan Ujung Kulon, Betung Kerihun, Tanjung Puting, Bantimurung, Way Kambas dan Kayan Mentarang.

Dan untuk kategori umum diajukan Sungai Musi, Pantai Olele, Teluk Cendrawasih, Sunga Barito dan Teluk Mamuju.

Red: Yudha Manggala P Putra
Source: Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Di Komen gan ,.. baris yang rapi yaa