cerita berita dan kliping informasi

Minggu, 21 Februari 2016

Thorium oh thorium

Selasa, 23 Februari 2016

Mewujudkan Energi Thorium sebagai enegi alternatif adalah misi mimpi

Menjadikan energi thorium sebagai energi alternatif adalah misi mimpi bagi bangsa indonesia , ya karena  ketika bertemu dengan suatu halangan rintangan kita terbiasa untuk mengupayakan beribu alasan logis atau dengan akalsehat untuk mencari jalan mudah untuk tidak menyelesaikan suatu misi impian. Indonesi butuh orang orang gila untuk mewujudkan impian impian tersebut.

Thorium ditemukan pada tahun 1828 dan namanya diambil dari Thor, nama Dewa Petir bangsa Viking atau Norseman (sumber)

 gbr screen
gbr screen


Jika hanya butuh 40 tahun untuk mengkomersilkan Thorium untuk Pembangkit Listrik sebagai enegi alternatif  rasanya sudah tepat jika pemerintah sekarang mulai melakukan langkah langkah ekplorasi , ekploitasi hingga ke produksi hingga 40 sampai 100 tahun kedepan bangsa indonesia tidak lagi mengalami ketergantungan pada energi olahan hasil bumi seperti minyak dan gas saja.


Sekilas pendapat tentang minyak menurut sepengetahuan dan imajinasi penulis
***
Berdasarkan hukum kekekalan energi maka minyak tidak dapat di musnahkan

Bbm atau minyak olahan yg terbakar berubah bentuk menjadi karbon dioksida dan dan gas sisa lainya

Gas tersebut melayang ke udara kemudian turun kembali melalui hujan , teriknya matahari dan hembusan sejuknya angin berlalu

Pada waktu sinar terik matahari tumbuhan dari mulai ganggang atau lumut hingga pepohonan rindang menjulang pemandangan menyerapnya untuk di gunakan membantu proses pertumbuhan dan perkembang biakan.

Oleh karena itu setiap mahluk hidup memiliki unsur minyak hanya kadarnya yg berbeda beda

Pada hutan belantara tumbuhan sering di makan babi hutan oleh karena itu maka terdapatlah minyak babi yg sering di pemasalahkan industri permakanan. Terutama masalah halal haram

Di padang pasir minyak jarang di serap tumbuhan, karena itu minyak menyusup melalui pasir dan butiran debu hingga sampai mengisi kekosongan cinta ruang dan rongga bebatuan dalam perut bumi. Makanya di padang pasir sering kita kenal istilah ladang minyak.

Di perairan minyak akan di serap ganggang laut dan plangton kemudian di makan oleh ikan dan sejenisnya. Singkat cerita kita saat ini kenal dengan minyak ikan atau minyak salmon atau serupa itulah , apapun namanya. Sebagian besar minyak yabg tidak di konsumsi mahluk laut juga mahluk yg telah mati menyisakan minyak, mengendap masuk kedalam jurang lautan gelap yang konon katanya tanpa cinta hampa.

Di kebun kelapa kita sering mendengar minyak kelapa
Di kebun sawit kita menamakannya minyak sawit

Di area persawahan minyak sering di habisi oleh lintah. Lintah kemudian zaman sekarang ini di tangkapi dan menjadi buronan untuk kemudian di jadikan komoditas perdagangan di bursa trading produk pengobatan tradisional dan moderen. Sering kali lintah di eksekusi untuk di ambil minyaknya guna terapi pengobatan untuk men sesuatukan alat vital..
***

Dari kilasan imajinasi dan pendapat di atas maka bisa di tarik kesimpulan bahwa zat dan unsur apapun di muka bumi ini sesungguhnya telah tercipta oleh sang pemilik alam, untuk di gunakan dan di manfaatkan oleh mahluk hidup yang mendiaminya, sebagai tanda kebesaran dan kekuasaan sang maha pencipta . Jadi selama ini kita sebagai manusia baik itu para peneliti, penemu, pembuat sesungguhnya hanya mengubah sesuatu yang sudah ada menjadi bentuk berbeda, agar bisa di manfaatkan untuk kepentingan manusia dan mahluk lainya.

Menjadikan thorium sebagai energi alternatif memang membutuhkan suatu proses. Yang namanya proses tanpa kita sadari setiap hari kita lalui dan kerjakan. Setiap saat benda mati ataupun mahluk hidup berproses. Tumbuhan memproses kotoran, gas buangan, sinar mentari dan unsur unsur lainya menjadi batang , daun hingga buah yang kita konsumsi setiap hari. Kita pun berproses menkonsumsi hasil bumi untuk pertumbuhan dan perkembang biakan dan keberlangsungan penemuan penemuan baru untuk menghasilkan sesuatau pengubahan bentuk dari yang sudah ada dan punya nama hingga ke bentuk baru yang belum di namai. (siklus kehidupan)

Beberapa tulisan dan link berikut bagus untuk disimak guna mengetahu lebih lanjut tentang Fakta menarik dan catatan serta berita juga informasi yang mengulas lebih detail tentang thorium

**
Dalam pemanfaatan pembangkit listrik tenaga nuklir, kandungan Thorium lebih aman dan bersih dibanding uranium.
Potensi Thorium di Indonesia untuk di Pulau Bangka saja, menurut Batan, sekitar 121 ribu ton.
90% potensi Thorium bisa digunakan untuk menghasilkan listrik
Terkait limbah, diklaim oleh Thorium Indonesia Power, jauh lebih sedikit dibanding limbah uranium
**
link info:
http://www.thoriumpowerindonesia.com/teknologi/sekilas-thorium
http://trendtek.republika.co.id/berita/trendtek/batan/16/02/04/o20w3p219-thorium-indonesia-berpotensi-hasilkan-90-persen-energi-listrik
http://energibarudanterbarukan.blogspot.co.id/2011/03/pltn-fissi-thorium-paling-aman.html
http://www.kemenperin.go.id/artikel/11681/Menperin-Wacanakan-Energi-Thorium
http://finance.detik.com/read/2015/08/14/074720/2991647/1034/ri-gunakan-thorium-untuk-reaktor-ke-4-di-serpong
http://finance.detik.com/read/2015/08/14/081952/2991672/1034/mungkinkah-ri-punya-pembangkit-listrik-thorium
http://www.thoriumpowerindonesia.com/
http://www.bin.go.id/wawasan/detil/146/3/16/10/2012/pembangunan-pembangkit-listrik-tenaga-nuklir-di-indonesia
http://www.kompasiana.com/bob911/thorium-sebuah-revolusi-energi_559fe2a56023bdfa088b4567
http://www.batan.go.id/index.php/id/kedeputian/manajemen/hhk/1886-audiensi-wantimpres
http://www.gresnews.com/berita/tatap_muka/1637308-wawancara-djarot-sulistio-wisnubroto-pltn-tinggal-selangkah-lagi/0/
UU tentang atom, termasuk Thorium.http://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_1964_31.pdf


Merubah  thorium sebagai energi alternatifadalah sebuah mimpi yang harus di wujudkan. Hal ini mengacu ke beberapa pendapat pakar pakar motivasi yang menyatakan bahwa semua yang bisa di imajinasikan dan di gambarkan oleh manusia bisa di wujudkan.
Dalam kitab suci alquran pun di sebutkan bahwa kita manusia di alam semesta ini di ciptakan lengkap dengan segala kebutuhanya. Tugas kita sebagai manusia tertulis pertama kali adalah membaca yang tersirat dan yang tersurat di dalamnya. Dan ketika kita ragu apakah kita bisa ?  maka Tuhan pun telah mengingatkan kita bahwa apa yang akan di berikan kepada kita adalah apa yang kita sangkakan atau kita yakini.

Jika mengingat hal tersebut, maka langkah langkah menjadikan thorium sebagai enegi alternatif di masa mendatang merupakan hal yang sangat tepat. Selamat bekerja para peneliti, explorer, dan exploiter Thorium Indonesia. Masa energi baik, energi baru dan terbarukan sebagai energi alternatif selain energi fosil di nantikan jutaan manusia.
Semoga Sukses Selalu
Tulisan ini disumbangkan untuk jadi artikel situs Si-Nergi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Di Komen gan ,.. baris yang rapi yaa