cerita berita dan kliping informasi

Rabu, 11 November 2015

‎Kementerian LHK Undang Ahli dari Seluruh Dunia Ajak Diskusi Gambut dan Kebakaran.



Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sangat serius untuk menyelesaikan persoalan kebakaran hutan. Para pakar dari seluruh dunia pun diajak diskusi agar kebakaran hutan tak lagi terjadi utamanya di lahan gambut. Faktor gambut yang dinilai menjadi salah satu masalah dasar.

Acara bertajuk Diskusi Ahli Gambut Internasional ini akan digelar pada Jumat (13/11) hingga Sabtu (14/11) mendatang. Wakil Presiden Jusuf Kalla didapuk untuk membukanya.

"Tujuan diskusi untuk identifikasi solusi mengatasi kebakaran lahan dan hutan melalui pengelolaan gambut secara berkelanjutan," kata Menteri LHK Siti Nurbaya, Jakarta, Rabu (11/11).

‎Mereka yang diundang sebagai pembicara adalah  adalah Douglas Broderick, UN Resident Coordinator; H.E. StigTraavik,à (Ambassador Norway); Prof. Dr. Jack Rieley, UK Peat Society; Serena Lew MSc, GEC, Malaysia; Prof. Dr. Hans Joosten, University of Greifswald, Germany; Aljosja Hooijer, Deltares; Prof. DR. Lars Hein, Wageningenà University; Iain Henderson, UNEP Finance Initiative dan Johan Kieft, UNEP.  Peserta ahli lainnya  diharapkan akan menuangkan pikirannya dalam diskusi beberapa sesi. Diskusi internasional ini akan dihadiri oleh 180 peserta dalam dan luar negeri, akademisi, profesional dan CSO.

‎Siti berharap diskusi ini menghasilkan kesepahaman urgensi pengembangan solusi jangka panjang untuk masalah bencana kabut  asap Indonesia, bagaimana cara manajemen lahan gambut agar ‎
meminimalkan kebakaran dan asap hingga kejelasan peran dan tanggung jawab dari para pemangku kepentingan dalam pengelolaan lahan gambut berkelanjutan.

"Sebuah roadmap awal untuk jangka panjang, menengah dan pendek untuk pemecahan masalah asap di Indonesia; dan mengurangi emisi melalui pengelolaan lahan gambut berkelanjutan," tutup Siti.‎

Penanggungjawab berita :
Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Di Komen gan ,.. baris yang rapi yaa